Home » » Menjadi Orang Bijak

Menjadi Orang Bijak

Written By makki on Sabtu, 09 November 2013 | 01.46



        Beberapa waktu yang lalu ada yang bertanya pada saya, pertanyaanya seperti ini: “Mas Bagaimana ya supaya kita bisa menjadi orang yang bijaksana?”. Pertanyaan yang seharusnya tidak perlu ditanyakan kepada  saya. Lawong saya sendiri saja belum jadi orang yang bijakasana(menurut pendapatku sih). Si penannya tentu adalah orang yang umurnya dibawah saya (ya iyalah lawong manggil mas kok). Mungkin dia manggap aku adalah orang yang bijaksana dimatanya. Tak taulah. Yang jelas pertanyaannya membuat saya bertanya pula. Bagaiman sebenarnya orang bisa dikatakan bijaksana.
      Setelah saya telaah lebih dalam. Bijaksana itu merupakan pola pikir terhadap sesuatu. Untuk menjadi bijak bukanlah bajunya yang di rubah. Bukan pula penampilanya yang necis. Namun bagaimana orang itu menggunakan fikirannya untuk merespon sesuatu. Diantara hal yang perlu dirubah agar menjadi orang yang mempunyai pola pikir orang bijak adalah mampu menempatkan sebuah masalah secara makro. Maksud saya bukanlah menempatkan masalah menjadi besar, namun lebih dari pada itu melihat lebih jauh tentang sebab dan solusi tentang sesuatu lebih luas, tidak hanya pada pandangan diri sendiri tapi lebih meluas kepada seluruh komponen dari permasalahan itu. Kalau dianalogikakan, ketika melihat suatu gambar/foto, kita tidak hanya memandang siapayang ada difoto itu, namun juga lebih luas dari itu.
Misal dimana lokasi foto itu, kapan foto itu diambil, kenapa foto itu diambil, siapa yang memfoto dan lain sebagainya.
     Jika anda sudah bisa menempatkan pola fikir anda lebih luas atau tidak hanya sebatas pendapat anda saja, maka saya yakin dengan sendirinya sikap dan pola fikir menjadi bijak sudah menjadi milik anda.
Sekali lagi saya tekankan bijaksana itu adalah pola fikir, lalu kemudian menjelma menjadi sikap diri. Adapaun sikap diri itu penilainya adalah orang lain. Jadi tidak ada istilah “saya adalah orang bijak” yang mengatakan bijak itu orang lain.
      Intinya bila anda ingin dikatakan orang bijak. Cara satu-satunya menjadikan fikiran anda tidak monoton, berfikirlah secara luas, lalu bersikaplah dengan hasil fikiran anda itu.
Selamat mencoba.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tempatnya Profil dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger