Home » » Sawang Tinawang (alias saling pandang)

Sawang Tinawang (alias saling pandang)

Written By makki on Sabtu, 31 Mei 2014 | 21.52

Sejanak saya tertegun untuk menjelaskan makan "Sanang tinawang" dalm fersiku sendiri. Saling pandang mungkin adalah kata yang cukup tepat untuk menggambarkan kata "Sanang Tinawang" yang jelas merupakan bahasa Jawa. "Sanang tinawang" beberapa waktu ini terus saja membuntuti setiapa percakapan yang tengah kulangsungkan, sanang tinawang bisa diartikan seora dengan apabila kita melihat orang lain hidupnya enak, nasibnya  mujur, keseharianya mashur rasanya ingin sekali kita bisa seperti itu. namun ternyata bila kita dekati lebih dalam hidupnya, nasibnya tidak baik-baik amat.
"Sanang tinawang" mengajarkan kita untuk bisa menerima apapun nasib kita. Toh semua ternyata juga sama.
"sama apaan ini ha..?" si peragu membuka suara
" ya sama susahnya... apakamu pikir orang yang banyak uangnya, pekerjaanya mapan, istrinya cantik, mobilny banyak itu enak" si jutekan lagi-lagi tidak terima dengan keraguan si peragu
"ya enak to lah.... enakan mana sama orang yang tak punya banyak uang, yang kerjaanya tak mapan, yang istrinya boro-boro cantik *punya aja belum, hanya naik sepedah lagi, hayo enak mana..."
"no si oon dijelasin dari tadi tak faham apa memang goblog sih... kita sedang membahas makan "sawang tinawang, orang-orang yang hidupnya enak yang kita omongan tadi tentu gak enak juga, orang yang uangnya banyak oasti kebutuhany juga banyak pula, orang yang kerjanya mapan, pekerjanya menyita aktu dan fikiran pula, orang yang istrinya cantik ya jelas harus merawat kecantikanya terus, orang yang punya mobil apa lo gak mikir pajaknya, perawatanya juga gak murah, dan sebaliknya bukan..." jawab si  juekan sedikit geram.
"sebaliknya orang yang tak terlalu banyak uang akan santai saja karena tidak banyak butuhnya ya... terus orang yang kerjanya tak mapan kejaanya juga santai begitu... terus orang yang istrinya tidak cantik2amatjuga tidak terlalu bingung menjaganya gitu ya... iya gak sihh..."
"kebiasaan kamu ini... sudah tau nanya lagi capek dehhh...."

begitulah percakan siperagu dan si jutekan tentang makna "Sanang tinawang". Intinya bahwa  semuanya tergantung dari mana kita lihatnya. Yang jelas kesuksesan seseorang tidak didapat dengan instan dan yang paling sulit dari kesuksesan adalah mempertahankanya. So... Positif dalam berfikir, semua sudah ada ganjaranya sendiri-sendiri.

sekian semoga bermanfaat
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Tempatnya Profil dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger